13 Tips Membuat Kue Kering Renyah Yang Enak Agar Tahan Lama dan Tidak Gagal Melebar

Posted on

13 Tips membuat kue kering renyah yang enak agar tahan lama tidak melebar nastar sagu keju gurih lembut garing lembut cara buat mudah praktis unik digoreng tanpa telur oven mixer gagal keras

Ikuti Tips Ini Agar Kue Kering Anda Sukses

Membuat kue tentu tak hanya aktivitas para koki atau pedagang kue saja. Mereka yang tidak berprofesi di bidang yang berkaitan dengan kue pun tentu sesekali ingin menjajal kemampuan dalam hal satu ini. Membuat kue pun bisa jadi kesenangan untuk mengisi kegiatan bersama keluarga.

Selain itu, hasil dari kue yang dibuat sendiri tentu akan lebih memuaskan meski rasanya mungkin saja masih kalah dengan kue yang dibeli dari toko kue. Setidaknya, ada kesenangan yang bisa disajikan dari kue buatan sendiri.

Hanya saja, membuat kue terkadang memang bukan perkara mudah. Jika hanya melihat dari resep saja, kue yang kita buat bisa jadi berbeda dengan hasil yang dipampang dalam buku resep. Namun, tahukah Anda kalau ada trik tips khusus agar kue buatan Anda bisa selalu sukses meskipun Anda bukan professional?

Tips kue kering satu ini adalah tips membuat kue kering agar hasilnya tak pernah mengecewakan Anda. Jadi, hal – hal yang perlu Anda perhatikan adalah :

  1. Siapkan peralatan sesuai kebutuhan. Untuk kue kering, ingat untuk selalu gunakan loyang khusus kue kering yang dindingnya rendah.
  2. Pilihlah bahan baku yang berkualitas. Jangan gunakan bahan baku yang asal murah karena hal tersebut bisa sangat berpengaruh pada hasil dan rasa kue kering Anda.
  3. Ingat bahwa terigu adalah bahan baku utama dari kebanyakan kue kering. Jadi, pilih terigu yang tepat untuk membuat kue kering, yakni terigu protein rendang. Terigu protein rendah lebih cocok untuk kue kering karena akan membuat kue kering Anda renyah dengan tekstur yang pas. Ini karena pada terigu protein rendah, tidak akan membentuk gluten seperti pada terigu protein sedang atau tinggi.
  4. Takaran dari setiap bahan yang digunakan harus pas, timbanglah menggunakan timbangan agar ukurannya tepat dan tidak hanya sekedar dikira – kira.
  5. Perhatikan resep dan lakukan secara tepat, mulai dari bahan sampai proses pembuatannya.
  6. Ada baiknya Anda mengayak terlebih dahulu bahan kering seperti tepung terigu, baking powder, dan lainnya agar adonan Anda tetap lembut dan mudah tercampur rata.
  7. Jangan mengocok mentega atau margarin dengan gula terlalu lama. Paling lama cukup 3 menit saja yang penting rata. Pengocokan yang terlalu lama dapat membuat lemak meleleh dan kue pun melebar saat dipanggang.
  8. Jika memasukkan bahan kering seperti terigu, lakukan secara perlahan. Jangan memasukkan bahan kering ke dalam adonan mentega sekaligus banyak, karena akan membuat adonan menjadi keras. Jika bahan kering sudah masuk, lakukan pengadukan secara perlahan menggunakan sendok kayu, spatula atau sejenisnya. Anda bisa membaginya ke dalam tiga atau empat tahapan dalam memasukkan bahan kering. Lalu aduk perlahan sampai benar – benar tercampur rata. Pengadukan menggunakan mixer dapat membuat protein dalam tepung berubah menjadi gluten sehingga adonan yang dihasilkan akan mengaret.
  9. Jangan melakukan pengadukan terlalu kuat atau terlalu lama. Hal ini justru akan membuat adonan kurang renyah.
  10. Dalam mencetak kue kering, hendaknya mengikuti bentuk adonan. Adonan kue kering tidak selalu sama. Ada kue kering yang adonannya lembek dan ada juga yang keras. Bila adonannya lunak, maka proses membentuk atau mencetaknya lebih baik dilakukan dengan cara disendok atau disemprit. Namun, bila adonan kalis, dapat dibentuk dengan cara dicetak dan dipotong.
  11. Perhatikan suhu pemanggangan dan lamanya memanggang. Seringkali, panas dalam oven tidak rata sehingga pematangannya pun bisa berbeda antar kue dalam satu kali pemanggangan. Kue kering sebaiknya dipanggang pada suhu rendah namun dalam waktu yang lama. Dengan demikian, kue kering yang dihasilkan akan lebih renyah.
  12. Proses pematangan kue kering pada dasarnya masih berlangsung setelah keluar dari oven. Karenanya, kue kering memang baru akan memadat dan renyah setelah kue dingin.
  13. Setelah kue kering dingin, baru masukkan kue ke dalam wadah atau stoples. Jangan masukkan kue selagi masih panas karena akan membuat kue mudah melempen dan mudah berjamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *