Resep Masakan Khas Sunda Jawa Barat : Cara Membuat Sambal Terasi Ampera Goreng Yang Enak Pedas Gurih

Posted on

Resep masakan khas sunda jawa barat cara membuat sambal terasi ampera goreng yang enak dan pedas gurih makanan kuliner sederhana lezat banget ncc mentah tanpa tomat segar jeruk limau

Kumpulan Resep Menu Makanan Tradisional Khas Sunda Sederhana

Indonesia memang kaya dengan ragam budaya dan ciri khas dari masing-masing daerah, termasuk masakan atau kuliner dari setiap daerah. Ya, Seperti masakan khas Sunda jawa barat ini yang juga tak kalah pentingnya untuk dibahas. Sebenarnya yang paling unik pada masakan khas sunda ini tidak lepas dari lalapan dan sambal yang khas yang disajikan dengan menu khas sunda ini.

Dalam khas ragam budaya adat sunda, sambal selalu menjadi identik untuk disajikan disetiap hidangan, beberapa sambal khas dari sunda misalnya sambal tarasi, sambal combrang, sambal cibiuk, sambal bajak, sambal kacang, dan lain sbagainya.

Diantara sambal yang memiliki rasa khas disetiap namanya, ada beberapa kulinr yang memang mengutamakan rasa pedas di masakannya, misalnya saja sambal ati goreng kentang, ase cab hejo yang memiliki khas warna dan rasa, rendang jengkol yang memiliki sensasi pedas, oblo oblo cabe hejo yang dilngkapi dengan tempe dan petai, oseng kulit singkong, dan lain sebagainya. begitu banyak bukan ?

Nah, kali ini akan membahas menjelaskan salah satu Resep Masakan Khas Sunda yaitu sambal terasi cabai merah. sangat unik untuk resep yang satu ini, karena lebih menonjolkan terasi dan cabai merah. berikut penjelasannya :

bahan-bahan :
– 25 buah jenis cabai merah keriting, di iris kecil kemudian di goreng.
– 15 buah cabai merah berukuran besar di iris kecil kemudian di goreng seperti cabai merah keriting.
– 7 buah cabai rawit merah
– bawang putih secukupnya, di iris lalu di goreng
– terasi secukupnya
– garam secukupnya

cara pembuatan dan penyajian :
– bumbu dari bahan-bahan yang sudah disiapkan tadi kemudian dihaluskan dengan menggunakan ulekan.
– tuangkan semua bahan tersebut kedalam piring yang sudah disiapkan
– sambal terasi cabai merah sudah siap untuk dhidangkan

Cukup sederhana bukan ? inilah salah satu resep masakan khas sunda yang cukup istimewa untuk disajikan dengan menu sunda lainnya sehingga menjadi lebih nikmat dalam menyantapnya. Nah, biasanya untuk sambal terasi cabai keriting ini cocok disajikan dengan menu ayam bakakak khas Bandung. mau tau cara pembuatannya ? simak langkah-langkahnya dibawah ini :

bahan-bahan :
– siapkan 3 sendok makan minyak sayur
– siapkan 1 batang serai lalu di memarkan
– siapkan daun jeruk purut yang segar sebanyak 3 lembar
– 1 ekor ayam buras yang sudah dibuang cakarnya dan bulunya kemudian di cuci
– santan encer sebanyak 1 liter
– siapkan santan kental 500 ml
– sipkan 1 sendok makan air asam Jawa

cara pembuatannya :
– bahan-bahan ini harus dihaluskan terlebih dahulu, yaitu 6 buah cabai merah, 3 siung bawang putih, 4 cm kunyit, 1 cm lengkuas, 1 sendok teh gula pasir, 10 butir bawang merah, 4 butir kemiri, 2 sendok teh ketumbar, 2 cm jahe, 2 sendok teh garam.
– Ayam yang telah disiapkan dibiarkan utuh dan jangan dipotong kecil-kecil lalu bagian kepalanya di semat dengan lidi atau bambu yang sudah di potong kecil sepanjang seukuran ayam sehingga saat matang bisa dalam keadaan tegak. sayap dari ayam tersebut dilipat ke bagian belakang dan sedikit lebarkan agar dadana terbuka, dan bila perlu disematkan dengan lidi..
– Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi bersama dengan serai yang telah disipakan dan tambahkan daun jeruk sehingga menjadi harum.
– tuangkan dan didihkan santan encer.
– ayam utuh tadi dimasukkan secara utuh lalu masak sampai santan menjadi susut sebagian.
– Tuangi secukupnya santan kental lalu masak sampai seluruhnya menjadi matang dan bumbu-bumbu tadi mejadi mengering.
– Angkat ayam tersebut lalu tuangi sisa bumbu yang tadi
– ayam bakakak khas Bandung siap untuk di sajikan.

Ya, itulah beberapa resep masakan khas Sunda untuk menemani kebersamaan bersama keluarga tercinta!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *