Resep Kolak Singkong dan Nangka Gula Putih Santan Tanpa Durian Ubi Pisang Thailand

Posted on

Resep kolak singkong dan nangka gula putih santan tanpa durian ubi pisang thailand pasir kacang ijo dan campur jawa membuat kolang kaling hijau labu kuning legit pelangi koleksi unik dapur cantik

Cara Praktis Membuat Kolak Singkong Spesial

Hidangan kolak sepertinya sudah melegenda di masyarakat Indonesia. Kolak terutama seringkali muncul ketika waktu – waktu tertentu seperti pada saat bulan puasa. Perhatikan saja di taman – taman, pinggiran jalan, dan warung makan, hingga mini market sekalipun, sepanjang bulan puasa, biasanya kolak – kolak menghiasi meja dan rak mereka.

Ketika bulan puasa, kolak menjadi hidangan spesial untuk berbuka puasa sebelum menikmati menu utama. Menikmati kolak saat masih hangat ketika berbuka puasa membuat isi perut terasa lebih tenang. Bahkan, menikmati kolak dalam kondisi dingin atau ketika dicampur es pun juga cukup menyegarkan.

Menariknya lagi, hidangan kolak ini tak hanya monoton. Kolak pada umumnya memang menggunakan pisang sebagai bahan baku utamanya. Tapi, lebih dari itu, kolak pun bisa dikreasikan dengan aneka isi lain.

Ya, bagi Anda yang suka ubi misalnya, Anda juga bisa membuat kolak dari ubi. Kalau Anda suka nangka atau nata de coco sekalipun, Anda juga bisa mencampurkannya dalam mangkok kolak Anda.

Satu lagi resep menarik tentang kolak adalah kolak yang terbuang dari bahan baku utama singkong. Singkong adalah sumber karbohidrat yang tinggi sehingga cukup mampu untuk mengenyangkan perut. Nah, bila Anda membuat kolak dari singkong, Anda pun bisa membuat perut terasa lebih terisi.

Bagi Anda yang tertarik, berikut ini ada sebuah resep menarik berupa resep kolak singkong kuah kental. Resep praktis ini akan mengajak Anda berkreasi dengan singkong yang manis dan lezat.

Bahan yang diperlukan untuk membuat kolak singkong kuah kental :

  • 500 gram singkong
  • 100 gram nangka
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram gula merah
  • ¼ sendok makan vanili
  • 600 ml air
  • ½ sendok teh garam
  • 3 lembar daun pandan
  • 400 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  • 1 sendok makan tepung maizena

Cara membuat kolak singkong kuah kental :

  • Langkah pertama untuk membuat kolak singkong kuah kental adalah menyiapkan bahan baku utama yakni singkong. Pertama – tama, singkong dikupas kulitnya hingga bersih, cuci, lalu potong kecil – kecil.
  • Selanjutnya, rebus singkong dengan air dan beri tambahan garam serta daun pandan. Rebus di atas api kecil saja hingga airnya habis dan singkong matang serta empuk. Pastikan singkong dapat empuk, bila belum empuk, tambahkan air lagi. Tapi, jangan sampai singkong terlalu lunak dan hancur. Lalu angkat singkong dan tiriskan.
  • Kemudian, ditempat terpisah, campurkan santan kental, vanili, gula merah dan gula pasir. Panaskan di atas api kecil dan tunggu sampai mendidih sambil sesekali diaduk.
  • Tambahkan maizena lalu biarkan mendidih hingga kuah mulai mengental. Lalu masukkan nangka, panaskan sejenak, kemudian matikan api dan angkat.
  • Terakhir, siapkan singkong rebus yang telah empuk di atas mangkok, kemudian siram dengan kuah dan sajikan.

Satu resep kolak singkong kuah kental ini bisa disajikan untuk 6 sampai 8 mangkok. Sajikan kolak singkong kuah kental ini selagi hangat agar terasa lebih nikmat. Meski lezat bila disajikan saat hangat, tapi kolak singkong kuah kental ini pun bisa dinikmati dengan es sehingga bisa memberikan sensasi segar.

Untuk membuat kolak singkong kuah kental ini pun sangat mudah dan praktis bukan? Selain bahan – bahannya mudah didapat, prakteknya pun cukup mudah. Terlebih, Anda juga tak membutuhkan waktu lama untuk menyajikannya. Kurang dari satu jam saja, Anda sudah bisa menghidangkan kolak singkong kuah kental yang lezat.

Penasaran seperti apa kelezatannya? Segera coba saja ya. Selamat mencoba dan selamat berkreasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *