Resep Kolak Biji Salak Ubi Ungu Tanpa Tepung Beras Ketan Singkong Enak Pelangi Santan

Posted on

Resep kolak biji salak ubi ungu tanpa tepung beras ketan singkong enak pelangi santan dari ncc warna warni labu kuning cara membuat jalar bikin buat masak spesial merah paling

Ini Dia Cara Mudah Membuat Kolak Biji Salak Lezat

Siapa yang tak suka menikmati waktu santai sambil menikmati sajian hangat. Tak hanya sajiannya yang hangat, sajian yang hangat pun bisa membuat suasana santai jadi ikut hangat. Tapi, sajian hangat seperti apa yang paling menarik? Tentu saja masing – masing orang mempunyai favoritnya sendiri bukan?

Diantara banyak sajian hangat yang ada, alah satu sajian hangat yang sekiranya memiliki banyak penggemar bisa disebut adalah kolak. Ya, hidangan hangat dan menyegarkan seperti kolak memang jadi favorit banyak orang. Apalagi, kalau saat bulan puasa.

Menariknya, meski tak sangat nikmat disajikan hangat, kolak pun juga bisa disajikan bersama es karena juga akan menimbulkan sensasi menyegarkan. Tak hanya itu, kolak pun juga bisa dikreasikan dalam aneka rasa dengan cara menambahkan isi kolak sesuai selera.

Isi kolak biasanya terdiri dari pilihan potongan pisang, ubi, kolang – kaling, tape, nangka, kelapa dan yang paling menarik adalah biji salak. Ya, kalau biasanya buah – buah ini langsung dipotong dalam wujudnya yang asli, tapi dalam kolak biji salak, kolak memiliki tampilan isi yang lebih menarik.

Isi kolak yang berbentuk seperti biji salak yang bulat ini pun memiliki tekstur yang kenyal dan menarik untuk dinikmati. Banyak orang mungkin mengira bahwa membuat biji salak ini cukup sulit. Padahal, membuat biji salak sebenarnya cukup sederhana loh.

Anda tertarik untuk mencobanya? Langsung saja simak resep kolak biji salak berikut ini dan praktekkan.

Bahan yang diperlukan untuk membuat kolak biji salak :

  • 1000 ml air putih
  • 150 santan kental
  • 100 gram tepung kanji
  • 150 gram gula jawa
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 500 gram ubi kuning
  • ¼ sendok teh vanili

Cara membuat kolak biji salak :

  • Langkah pertama, siapkan ubi kuning lalu kupas kulitnya sampai bersih. Kemudian, potong – potong ubi menjadi kotak – kotak berukuran sedang.
  • Cuci bersih ubi lalu kukus hingga matang dan lunak.
  • Jika ubi sudah matang dan empuk, kemudian haluskan ubi dengan cara ditumbuk atau diuleg. Tumbuk ubi ini selagi masih panas agar lebih mudah dihaluskan.
  • Selanjutnya, tambahkan tepung kanji ke dalam ubi yang telah lembut dan campurkan sampai rata menggunakan tangan yang bersih. Uleni adonan ini hingga terasa kalis.
  • Selanjutnya, siapkan air dan panaskan di atas kompor kemudian tunggu sampai mendidih.
  • Ambil lagi adonan lalu bentuk menyerupai biji salak atau bentuk bulatan – bulatan kecil dengan diameter 3 hingga 5 cm.
  • Adonan yang telah dibentuk lalu bisa langsung dimasukkan ke dalam air yang mendidih, biarkan sampai adonan mengambang ke permukaan, sambil terus bulatkan seluruh adonan yang ada hingga habis. Adonan biji salak yang telah mengembang lalu diangkat dan ditiriskan.
  • Di panci lain, siapkan air putih, gula jawa, gula pasir, garam, vanili dan santan kental. Campurkan jadi satu lalu panaskan sampai mendidih.
  • Selanjutnya, tuangkan biji salak tadi ke dalam adonan kolak dan hidangan kolak biji salak nan spesial siap untuk disajikan.

Sajian kolak biji salak ini akan lebih nikmat disajikan dalam kondisi hangat. Anda juga bisa loh menambahkan santan ketika disajikan sehingga rasanya bisa lebih gurih. Atau, menyajikannya bersama es juga cukup menarik dan tetap membuatnya terasa lezat. Mudah bukan mempraktekkan resep kolak biji salak ini?

Rasanya yang manis, teksturnya yang lembut dan kenyal membuat kolak biji salak memang cukup menarik untuk dinikmati. Apalagi, bentuknya pun menarik karena tak langsung menunjukkan potongan buah asli.

Penasaran seperti apa kolak biji salak ini? Selamat mencoba dan selamat berkreasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *