2 Resep Kue Basah Dari Tepung Beras Rose Brand : Lapis Legit Kukus dan Nagasari Isi Pisang

Posted on

2 Resep kue basah dari tepung beras rose brand lapis legit kukus nagasari isi pisang aneka bahan biasa terbuat ketan praktis putih jagung nangka hunkwe sagu terigu singkong surabaya susu

Kumpulan Aneka Resep Kue Basah Tradisional Terbuat dr Bahan Tepung Beras Putih

Saat berkumpul atau bersantai, tak lengkap rasanya jika tidak sambil mencicipi camilan yang enak-enak. Namun, terkadang kendalanya sangat malas membuat kue sendiri di rumah, apalagi jika harus membuat kue kering. Anda tak perlu repot-repot membuat kue kering, karena kita disini akan berbagi resep kue basah pilihan untuk Anda semua.

Memang sih, kue basah hanya bisa beberapa hari saja. Namun pembuatannya lebih praktis sangat cocok bagi Anda yang tak memiliki banyak waktu di rumah.

Kue basah sendiri umumnya dihidangkan baik di pagi hari maupun di sore hari. Kue basah juga dikenal sebagai jajanan pasar, maka tak heran jika ada banyak aneka jajanan kue basah yang disajikan di toko kue maupun di pasar tradisional. Kue basah biasanya berbahan dasar sagu, tepung terigu dan ketan.

Namun, kali ini kita akan menyajikan resep kue basah dari tepung beras. Ya, kue basah yang terbuat dari bahan dasar tepung beras memang tak kalah lezatnya. Ingin mencobanya? Yuk, simak aneka resep kue basah berikut ini!

1. Resep Kue Lapis

Kue lapis juga cukup terkenal karena sering dijajakan di pasaran tradisional. Kue lapis merupakan salah satu kue basah yang terbuat dari tepung beras. Kue lapis juga memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang kenyal, sangat cocok disajikan sebagai camilan di rumah. Bagaimana resep kue basah dari tepung beras ini? Yuk kita simak cara membuatnya berikut ini.

Bahan-bahan yang digunakan :
• 200 gram tepung sagu
• 75 gram tepung beras
• 600 ml santan dalam 1 butir kelapa, lalu ambil santan sebanyak 150 ml, didihkan
• 200 gram gula pasir
• garam secukupnya
• ½ sdt vanili bubuk
• 2 tetes untuk pewarna merah
• 3 tetes untuk pewarna hijau

Cara membuat kue lapis :
1. Pertama-tama cairkan terlebih dahulu tepung sagu sebanyak 50 gram ke dalam 50 ml santan, lalu tuang santan yang sudah didihkan sebanyak 150 ml dengan gula pasir, aduk terus sampai merata, didihkan.
2. campurkan sisa dari tepung sagu dengan vanili, garam dan tepung beras, kemudian tambahkan dalam adonan yang sebelumnya sembari diuleni. Lalu tuangkan sedikit demi sedikit santan sampai merata.
3. Ambil sebanyak 6 sdm dari adonan tadi, campurkan dengan tetesan pewarna merah. Setelah itu bagi sisa adonan ke dalam 2 bagian, satu adonan berwarna putih sedangkan adonan lainnya dicampur dengan tetesan pewarnahijau.
4. Setelah itu, siapkan loyang dan oleskan dengan mentega/minyak, alasi menggunakan alas plastik. Lalu masukan selapis adonan berwarna putih sebanyak 90 ml, kemudian kukus hingga 5 menit sampai matang/
5. Masukan lagi selapis adonan hijau sebanyak 90 ml, kukus hingga 5 menit sampai matang, ulangi cara ini sampai adonan habis.
6. Langkah terakhir, tuang lagi selapos adonan yang berwarna merah, lalu kukus hingga 15 menit sampai matang, angkat.
7. Potong kue lapi sesuai selera, setelah itu dinginkan.
8. Kue lapis pun siap disajikan.

2. Resep Kue Nagasari

Resep kue basah dari tepung beras berikutnya adalah kue nagasari. Kue nagasari merupakan salah satu kue basah tradisional khas nusantara yang memiliki rasa yang sangat khas. Adapun bahan-bahan dan cara membuat kue nagasari adalah sebagai berikut.

Bahan-bahan yang digunakan :
• 250 gram gula pasir
• ½ kg tepung beras
• 100 gram tapioka
• daun pisang secukupnya sebagai pembungkus
• daun pandan secukupnya
• 700 cc santan kental
• 5 buah pisang raja, kupas lalu potong serong atau sesuai selera

Cara membuatnya :
1. Pertama-tama masaka terlebih dahulu daun pandan, gula dan santan. Masak hingga gula meleleh.
2. Setelah itu, campur sedikit air dan tepung beras, larutkan. Lalu tuangkan pada santan tadi, masak dengan api kecil.
3. Aduk secara merata hingga matang dan mengental. Setelah itu angkat.
4. Siapkan daun pisang untuk membungkus adonan nagasari, setelah itu ambil adonandan bentuk dalam daun pisang setelah itu tambahkan pisang yang sudah dipotong tadi, dan tutup kembali adonan sampai pisangnya tidak terlihat. Bungkus adonan sampai rapih menggunakan daun pisan.
5. Ulangi cara diaas hingga adonan habis.
6. Lalu kukus hingga 45 menit sampai matang. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
7. Sajikan kue nagasari.
Nah, itulah beberapa resep kue basah dari tepung beras untuk sajian lezat bersama keluarga ataupun untuk acara-acara besar di rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *