Cara Membuat Bubur Candil Biji Salak Dari Tepung Beras Ketan Tanpa Ubi Kayu / Singkong

Posted on

Cara membuat bubur candil biji salak dari tepung beras ketan tanpa ubi kayu singkong jalar sederhana yang enak kanji tapioka buat ungu rambat sumsum bikin warna warni pelangi labu kuning

Cara Praktis Menikmati Kelezatan Bubur Candil

Ragam kuliner bubur yang ada di Indonesia sangatlah banyak. Mulai dari bubur lembut nan gurih, sampai bubur yang kenyal dan manis. Ya, salah satu bubur dengan rasa unik ini adalah bubur yang kenyal sekaligus manis. Namanya dikenal sebagai bubur candil.

Bubur candil adalah hidangan seperti bubur yang di dalamnya terdapat bola – bola candil, yakni kue yang terbuat dari bahan utama tepung ketan putih. Karena tampilannya yang menarik, bubur ini pun jadi semakin banyak digemari.

Nah, kalau Anda ingin membuat sendiri bubur candil ini, Anda bisa mengikuti cara – cara membuat bubur candil berikut ini :

Bahan yang diperlukan untuk membuat bubur candil :

Bahan untuk membuat adonan candil :

  1. 250 gram tepung ketan putih (pilih yang kualitas baik)
  2. 600 ml air
  3. 2 sendok makan tepung tapioka
  4. 80 gram tepung beras putih
  5. 250 gram gula merah
  6. 10 lembar daun jeruk purut

Bahan untuk adonan bubur :

  1. 700 ml air
  2. 50 gram tepung ketan putih
  3. 30 gram tepung sagu
  4. 3 lembar daun pandan
  5. 150 gram gula merah (sisir halus)
  6. ½ sendok teh garam

Bahan untuk kuah santan :

  1. 1 liter santan kelapa
  2. 1 sendok teh garam halus
  3. 1 lembar daun pandan (cuci bersih)

Cara membuat bubur candil :

Membuat adonan candil :

  1. Langkah pertama dalam membuat bubur candil adalah dengan membuat adonan candilnya. Adonan candil dibuat dari campuran tepung ketan, tepung tapioka dan tepung beras. Aduk rata bahan – bahan ini.
  2. Lalu, sambil terus diaduk dengan menggunakan tangan atau diuleni, tambahkan air sedikit demi sedikit dalam adonan. Terus uleni sambil tambahkan air sampai adonan menjadi kalis atau tak lengket di tangan.
  3. Setelah adonan kalis, lalu bentuk adonan menjadi bulatan – bulatan kecil seperti kelereng. Lakukan sampai seluruh adonan habis.
  4. Selanjutnya, Anda tinggal memasak adonan candil ini. Caranya, didihkan gula merah, jeruk purut dan air bersih. Aduk rata sampai gula merah larut.
  5. Kemudian, baru masukan adonan bulat dari candil tadi dalam air rebusan gula merah ini. Masak sampai bola – bola candil ini matang lalu angkat.

Membuat adonan bubur :

  1. Adonan bubur untuk tambahan sajian candil ini pada dasarnya mirip dengan adonan bubur sumsum. Caranya, larutkan tepung sagu dan tepung ketan putih dalam dalam air. Lalu masak bersama dengan pandan serta gula merah.
  2. Masak hingga adonan matang dan mengental sambil terus diaduk. Setelah matang, matikan api dan angkat.

Membuat kuah santan

  1. Untuk membuat kuah santan, Anda tinggal mencampurkan garam, santan dan daun pandan. Rebus sampai mendidih sambil diaduk agar santan tidak pecah.

Menyajikan bubur candil

  1. Untuk menyajikan bubur candil, caranya sangat sederhana. Anda tinggal menuangkan adonan bubur, lalu tumpangi dengan beberapa bola – bola candil, lalu siram dengan kuah santan. Sajian bubur candil nan lezat dan istimewa pun siap untuk Anda sajikan.

Mudah bukan cara membuat bubur candil pada resep ini? Selain caranya yang mudah, rasa dari bubur candil buatan Anda sendiri pun tentu lebih terasa nikmat dan menggoda. Ini karena Anda bisa memilih seluruh bahan pembuatnya hanya dari bahan – bahan yang berkualitas.

Selain itu, karena dibuat sendiri, maka Anda juga menikmatinya sepuasnya. Jadi, tak hanya satu atau dua mangkok saja, melainkan sebanyak apa pun yang Anda inginkan. Ow ya, bubur candil ini pun sering juga disajikan tanpa adonan bubur kental yang seperti sumsum itu.

Jadi, Anda juga bisa hanya menyajikan  bola – bola candil yang disiram dengan kuah santan saja. Bagaimana? Sudah mulai tertarik untuk mencobanya? Selamat mencoba dan selamat berkreasi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *